Selasa, 03 Januari 2012

Essay 41 (Kritik Sastra)



SEKSUALITAS DALAM LAILA: TARIAN PENGORBANAN
Oleh Raili Irva Dilla

DALAM cerpen Laila Tarian Pengorbanan ini terdapat cerita yang sangat menarik. Rintangan demi rintangan dilalui oleh Laila, demi kesembuhan ibunya Laila rela melakukan apapun. Laila pernah mencoba melamar kerjaan ke mana-mana dengan ijazah SMA yang dia punya tetapi iya tidak juga mendapatkan pekerjaan yang layak. Demi kebahagiaan Laila rela berkorban apapun untuk orang yang ia sayangi. Asalkan ia bisa berkumpul dan bercanda ria bersama keluarga yang sangat ia sayangi. Karena  keluarga itu sangat penting dalam hidupnya. 
Laila sedih sekali melihat ibunya sakit-sakitan. Ia sudah membawa ibunya berobat kemana-mana namun penyakit yang diderita ibu Laila tidak sembuh juga. Hari demi hari penyakit ibunya semakin bertambah parah, Laila tidak tahu harus berbuat apa lagi, Laila rela melakukan apa saja demi kesembuhan ibunya. Penyakit  yang diderita ibu Laila semakin parah, sehingga Laila kehabisan uang untuk membiyai rumah sakit ibunya. Laila bertambah bingung dan putus asa. Laila menjadi kebingungan kemana ia harus mencari uang untuk membeli obat ibunya. Karena himpitan ekonomi yang dialami Laila, ia akhirnya memutuskan bekerja sebagai pelacur dan dari pekerjaannya itulah Laila bisa membayar biaya rumah sakit ibunya.
Setiap malam Laila bekerja dari hotel yang satu ke hotel yang lain, Laila harus bekerja keras demi kesumbuhan ibu yang sangat ia sayangi. Padahal ibu Laila pernah berpesan kepada Laila “apapun yang terjadi, berjanjilah pada ibu untuk tidak terseret ke lembah hitam. Lebih baik miskin terhormat dari pada  kaya raya tapi harus menjual diri”. Tetapi apa daya demi kesembuhan ibunya Laila harus mengingkari janjinya kepada ibu yang sangat ia sayangi.
 Demi memuaskan pelanggannya Laila menciptakan sebuah tarian yang sangat menyiksanya. Tarian itu ia namakan “Tarian Pengorbanan” mengapa dinamakan tarian pengorbanan?
 Karena tarian tersebut melibatkan seluruh panca indranya dan terkadang tangan kasar pelanggannya memperlakukan Laila dengan tidak senonoh. Pelanggan Laila sering mencakar kulit Laila. Tetapi pekerjaan tersebut harus ia kerjakan demi kesembuhan ibunya harta yang sangat berharga dalam hidupnya.
Dari hasil melacur rupiah demi rupiah dikumpulkan oleh Laila untuk membayar rumah sakit ibunya, dengan perasaan bahagia membayangkan ibunya segera sembuh. Laila harus mencari uang sendiran karena ayah Laila sudah lama meninggalkan. Ayah Laila meninggalkan keluarganya karena tidak tahan melihat sakit yang diderita ibunya. Ayah Laila sangat jijik karena penyakit bisul bau dan bernanah yang diderita ibu Laila semakin hari semakin parah. Bagaimana mungkin Laila sanggup memikul beben ini sendirian, tapi dia harus kuat demi kesembuhan ibunya.
Sedangkan kakak Laila juga tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Ibu Laila menderita penyakit yang sulit disembuhkan, akibat penyakit tersebut ibu Laila harus dirawat di rumah sakit dan membutuhkan biaya yang mahal. Kakak Laila yang bernama Mbak Ning sangat marah saat mengetahui Laila bekerja sebagai pelacur.
Mbak Ning menyuruh Laila berhenti bekerja sebagai pelacur, untuk menutupi biaya rumah sakit ibunya Mbak Ning menjual organ tubuhnya secara ilegal. Atas perbuatanya tersebut Mbak Ning harus kehilangan nyawanya sendiri. Laila dan ibunya sangat terpukul atas kejadian yang dialaminya, Laila tidak menyangka harus mengalami kejadian yang sangat menyakitkan ini.
Akhirnya ibu Laila juga mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis, kemudian tinggallah Laila sebatang kara tanpa seorangpun yang menemaninya.



RIWAYAT PENULIS
Raili Irva Dilla lahir di Painan Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 28 September 1990. Memulai pendidikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas di Lakitan Kec. Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sekarang dia sedang melajutkan studinya di perguruan tinggi Universitas Negeri Padang.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wahyuku Design | Bloggerized by Wahyu Saputra - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog